Wednesday, December 30, 2009

Kalimat pengusir maksiat

Seorang ulama' terkemuka,Imam Sahl bin Abdullah Al-tastari menuturkan kisah dirinya, " ketika berumur 3 tahun,aku ikut pamanku iaitu uhammad bin Sanwaruntuk melakukan Qiamullail. Aku melihat cara solat pamanku dan aku menirukan gerakannya.
suatu hari, pamanku berkata kepadaku, apakah kau mengingat ALLAh, yang menciptakanmu?,

aku menukas, 'bagaimana caranya aku mengingatnya?'

beliau menjawab , 'anakku jika kau berganti pakaian dan ketika hendak tidur, katakanlah 3kali dalam hatimu, tanpa menggerakkan lisanmu, 'ALLAhu ma'i....Allahu naadhiri....Allahu syaahidi!' (ertinya, Allah bersamaku, allah melihatku,Allah menyaksikan aku!)

aku menghafalkan kalimat itu, lalu mengucapkannya bermalam-malam. kemudian, aku menceritakan hal ini kepada paman.

pamanku berkata, 'mulai sekarang ucapkan zikir itu sepuluh kali setiap malam'.

aku melakukannya, aku resapi maknanya, dan aku merasakanada kenikmatan dalam hatiku. fikiran terasa terang . aku merasa senantiasa bersama ALLAH s.w.t.

satu tahun setelah itu, paman berkata, 'Jagalah apa yang aku ajarkan kepadamu, dan langgengkanlah sampai kau masuk kubur.. zikir itu akan bermanfaat bagimu didunia dan di akhirat.

lalu pamanku berkata, 'hai Sahl , orang yang merasa selalu disertai ALLAH , dilihat ALLAH, dan disaksikan ALLAH, akankah dia akan melakukan maksiat???!...

kalimat Allahu ma'i. Allahu naadhiri..Allahu Syahidi sangat terkenal dikalangan ulama arifbillah. bahkan, Syeikh Al-Azhar; Imam Abdul HAlim Mahmud, yang dikenal sebagai ulama arifbillah menganjurkan kepada kaum musliminuntuk mengucapkan kalimat ini didalam hati. maknanya yang sangat dahsyat, jika dihayati dengan sungguh-sungguh, akan mendatangkan rasa ma'iyatullah (selalu merasa disertai ,dilihat,dan disaksikan oleh Allah swt..dimana dan bila sahaja)

pada akhirnya rasa ini akan menumbuhkan taqwa yang tinngi kepada Allah swt.Kalau sudah begitu, apakah orang yang merasa selalu disertai, dilihat dan disaksikan ALLAh akan melakukan maksiat?...


P/s- dipetik dari buku 'ketika cinta berbuah syurga' karangan novelis 'ayat2 cinta'....

No comments:

Post a Comment